Candi Ijo: Candi Kuno yang Keren Abis

Candi Ijo Candi Kuno yang Keren Abis

Kamu udah pada tau belum kalau di Jogja ada Candi Ijo yang keren banget?

Buat kamu yang gak tau, Candi Ijo adalah salah satu candi kuno yang terletak di Dusun Sambirejo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan yang keren banget dari atas bukit. Pemandangan di sini bisa sampai ke Merapi dan Merbabu loh!

Candi Ijo ini terletak di atas bukit dan kamu harus menaiki tangga sekitar 300 anak tangga untuk sampai ke puncak. Tapi jangan khawatir, pemandangannya akan membuat lelahmu terbayar semua!

Di sini kamu juga bisa melihat bongkahan batu kapur yang belum diolah. Konon, batu kapur ini adalah bahan dasar dari candi-candi di sekitar Prambanan.

Candi Ijo, atau Tempel Ijo, ditemukan sekitar empat kilometer dari Ratu Boko. Didirikan pada abad ke-10 dan ke-11, Candi Ijo terletak di dekat Yogyakarta di Indonesia. Kompleks candi menghiasi desa Groyokan yang damai di desa Sambirekha.

Sesuai dengan nama bukit tempatnya berada, empat ratus sepuluh meter di atas permukaan laut – Bukit Humuk Ijo – disebut juga candi Ijo. Ijo diterjemahkan menjadi “hijau” dalam bahasa Jawa, terbukti dengan sawah yang subur dan desa-desa sekitarnya di sebelah barat, yang menawarkan pemandangan panorama yang indah dari atas bukit. Menyaksikan matahari terbenam dari tempat yang menguntungkan ini begitu sempurna.

Kandi Ijo adalah salah satu peninggalan suci umat Hindu yang berasal dari masa Kerajaan Mataram menguasai Jawa, Indonesia. Meskipun Candi Ijo merupakan candi tertinggi di Yogyakarta, namun belum dibuka untuk wisata massal. Dipercaya dibangun sebagai tempat pemujaan Siwa, dan pekarangan Candi Ijo seluas 0,8 hektar. Kuil ini juga menyelenggarakan banyak festival Hindu sepanjang tahun.

Baca Juga  Kunci Kesuksesan Bisnis Modern: Pentingnya Jasa Digital dalam Era Digitalisasi

Candi Ijo juga punya cerita yang menarik loh. Konon, candi ini dibangun oleh Raja Balitung Maha Sambu sekitar abad ke-9. Candi ini dibangun sebagai tempat pemujaan agama Hindu. Namun, seiring bergulirnya waktu, candi ini menjadi tempat pemujaan agama Buddha.

Untuk bisa ke Candi Ijo, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik bus Trans Jogja nomor 3B dari Terminal Giwangan. Dari sana kamu bisa turun di halte Candi Ijo dan jalan kaki sekitar 1 kilometer.

Tapi kalau kamu mau lebih mudah dan gak ribet, kamu bisa menggunakan jasa tour dari goajomblang.com. Selain itu, di sini kamu juga bisa mendapatkan paket-paket tour lainnya seperti ke Goa Jomblang, Pindul Cave, dan banyak lagi dengan harga yang terjangkau dan tentunya terpercaya.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, ajak teman-temanmu untuk berkunjung ke Candi Ijo dan nikmati keindahan pemandangannya!