Peluang Bisnis di Industri Perhotelan Setelah Pandemi

Wabah Covid-19 berpengaruh kesemua bidang terhitung bidang pariwisata dan ekonomi inovatif di Indonesia. Sepanjang dua tahun akhir ini menjadi satu diantara rintangan paling besar untuk industri perhotelan di Indonesia agar bisa bertahan di periode wabah.

Berdasar data dari Buku Trend Pariwisata 2021, jumlah pelancong luar negeri yang masuk Indonesia turun mencolok semenjak bulan Februari 2020 sampai bulan April 2020 cuma ada 158 ribu pelancong luar negeri dating ke Indonesia. Di tahun 2019 sampai 2020 lawatan pelancong domestic alami pengurangan 30%. Keadaan itu menyebabkan 1,58 juta tugas di sector pariwisata dan ekonomi inovatif terserang imbas pandemi covid-19 dan hal itu berpengaruh pada okupansi hotel di Indonesia.

Tetapi karena ada wabah ini semua aktor usaha dan industri perhotelan berusaha dengan beragam jenis taktik agar bisa bertahan di periode pandemi. Di periode wabah ini banyak juga banyak muncul bisnis-bisnis inovatif sebagai kesempatan usaha untuk warga yang ingin berwiraswasta.

1. APA ITU BISNIS KREATIF?

Kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan pendayagunaan kreasi, ketrampilan, dan talenta pribadi. Usaha inovatif ini selalu harus ikuti perubahan jaman. Usaha inovatif bisa dilaksanakan semuanya orang yang mempunyai kreasi dan pengembangan saat membuat satu usaha baru atau usaha secara umum yang diperkembangkan kembali secara inovatif.

Baca Juga  Exploring Hidden Gems: Perjalanan Seru dengan Sewa Bus Pariwisata

2. MACAM-MACAM BISNIS KREATIF

Adapun beberapa macam usaha inovatif yang berkembang dalam masyarakat misalnya :

a. Usaha cemilan unik

Usaha cemilan ini sudah ada sejak dahulu dan berkesan umum tetapi banyak produsen-produsen membuat beberapa inovasi baru pada usaha ini. Dimulai dari bumbu atau banyak variasi rasa unik seperti telur asin, rasa taro dan yang lain beberapa bahan yang dibikin juga benar-benar bervariasi. Dengan paket yang unik dan modern.

b. Usaha katering sehat

Usaha katering ini telah umum dalam masyarakat tetapi untuk katering sehat ini sedikit dalam masyarakat. Karena makanan yang disiapkan di katering sehat ini disamakan dengan keperluan nutrisi konsumen setianya . Maka yang ingin menjalankan bisnis katering sehat ini harus mempunyai pengetahuan mengenai keadaan Kesehatan dan kandungan nutrisi pada makanan, bila tidak mempunyai kekuatan itu harus bekerja bersama dengan pakar nutrisi

c. Usaha sayur dan makanan siap masak

Usaha ini berawal dari jumlahnya aktivitas pada warga hingga banyak yang beli makanan di luar rumah, walau sebenarnya masak di dalam rumah lebih irit dibanding beli makanan di luar rumah. Hal itu yang membuat gagasan usaha ini, di mana usaha ini mempersiapkan sayur dan makanan yang siap masak yang harga lebih irit dibanding beli makanan yang telah selesai. Pada usaha ini sediakan bahan menu masakan, tapi keadaannya belum diolah dan beberapa bahannya telah dibikin bersih, dipotong, dan diukur . Maka customer cuma mengolahnya saja.

d. Usaha roti dan kue

Kenapa usaha roti dan kue ini masuk ke usaha inovatif karena sama argumennya seperti usaha cemilan unik, di mana usaha roti dan kue ini bisa diperkembangkan dalam soal bahan, wujud, dan variasi rasa atau kreasi yang diperkembangkan saat membuat roti dan kue ini.

Baca Juga  Minta BPK Audit Tim Bayangan Nadim Muhammadiyah: Minta Tafsir Kolusi

e. Dan banyak bisnis-bisnis inovatif yang lain

Seperti Usaha barang antic, Usaha produk daur ulangi, Usaha florist, Usaha scrap frame, Jasa design uang mahar, Usaha souvenir pernikahan kustom, Dropshipper/ reseller, Jasa diskusi usaha, Persewaan peralatan bayi, Persewaan peralatan photografi, Usaha terrarium (akuarium tanaman), Jasa design grafis, Jasa pembikinan content sosial media.

3. PERKEMBANGAN BISNIS DI INDONESIA

Perubahan usaha indonesia sekarang ini makin hari makin bertambah dan terus berbeda bersamaan dengan perubahan jaman. Apa lagi semenjak wabah covid-19, semua usaha ditempatkan pada peralihan dan rintangan untuk inovatif karena imbas dari wabah. Dahulu sebelumnya ada tehnologi yang hebat dan wabah cuma ada usaha dari banyak bidang dilaksanakan secara off-line. Tetapi sekarang ini usaha dapat digerakkan lewat cara online dengan mengoptimalkan tehnologi digital.

4. APA ITU INDUSTRI PERHOTELAN?

Industri yang sediakan jasa pemondokan dan fasilitas (seperti makanan) dalam hotel. Disamping itu industri perhotelan sediakan tempat dan fasilitas penyelenggaraan aktivitas di hotel seperti tatap muka, seminar, dan acara pesta.

5. PERKEMBANGAN INDUSTRI PERHOTELAN SAAT INI DI INDONESIA

Wabah covid-19 yang menerpa dunia ini berpengaruh kesemua bidang terhitung industri perhotelan. Kemenparekraf berusaha untuk menolong aktor usaha industri perhotelan untuk memperoleh sertifikat chse (cleanliness, health, safety, and environment). Karena ada ketetapan dan kehadiran sertifikat itu karena itu bisa tingkatkan perasaan aman dari risiko penyebaran virus covid-19. Sekarang ini semua aktor usaha industri perhotelan berusaha dengan beragam jenis taktik supaya industri perhotelan bisa lewat wabah ini.

6. PELUANG BISNIS SAAT PANDEMI COVID-19

Wabah covid-19 yang menerpa penjuru dunia dan sudah berpengaruh pada beragam bidang terhitung bidang ekonomi, bidang pariwisata dan yang lain. Tetapi pada periode wabah ini ada kesempatan usaha banyak muncul.

Baca Juga  TikTok 18 Mod Apk Download Versi Terbaru Tanpa Sensor 2023

– Buka lapak online di marketplace
– Jadi dropshipper/ reseller
– Usaha kulineran lewat cara online
– Jadi content inisiator youtube/ sosial media yang lain
– Buka kelas privat online
– Membuat training/ pelatihan online
– Usaha pesan antara/ pengantar online
– Jadi freelancer
– Jualan masker dan peralatan prosedur kesehatan
– Jualan produk herbal Kesehatan

7. PELUANG BISNIS PASCA PANDEMI COVID-19

Kesempatan usaha pada saat wabah (zaman new normal) seperti usaha:

– Keperluan bahan dasar
– Jasa/ produk kesehatan
– Pengantar/ service pengiriman
– Baju rumahan
– Makanan beku/frozen yang sehat
– Basis digital
– Produk ramah pada lingkungan
– Jasa/ produk yang terkait dengan peningkatan diri/ empati/ kesehatan psikis

8. PELUANG BISNIS KREATIF DI INDUSTRI PERHOTELAN MASA PANDEMI COVID-19

Industri pariwisata dan perhotelan terhitung bidang yang terserang imbas wabah covid-19. Oleh karena itu industri pariwisata terutamanya industri perhotelan bisa membuat taktik usaha dengan lakukan pengembangan, penyesuaian dan kerjasama agar bertahan di periode wabah dan saat wabah.

Taktik usaha itu bisa memberi kesempatan usaha inovatif di industri perhotelan sesudah wabah covid-19. Berikut taktik usaha yang bisa dipakai:

– Taktik pivoting dengan lakukan beragam pengembangan dengan memberi service dan produk baru dengan memaksimalkam tehnologi digital
– Dan Taktik pivoting dengan lakukan beragam pengembangan dengan memberi service dan produk baru dengan memaksimalkam tehnologi digital
– Taktik kontakless pengalaman dengan membuat pengalaman bermalam yang kurang sentuhan, dan manfaatkan tehnologi digital.

Kesempatan usaha inovatif di industri perhotelan sesudah wabah covid-19 salah satunya sediakan:

– Tempat rapat dan bekerja bersama dengan moment organizer/ wedding organizer/ travel agent
– Staycation, dan work from hotel (wfh) dengan diperlengkapi sertifikat chse (cleanliness, healthy, safety, and environmental sustainability)
– Service catering/ kulineran dengan menu ala-ala hotel dan harga dapat dijangkau
– Fitness dan yoga berbayar
– Paket rekreasi dan mice