Cara Menyembunyikan Pesan Dan Grup Yang Tidak Diinginkan Di WhatsApp Menggunakan Fitur Obrolan Yang Diarsipkan

Jakarta – Sebagai aplikasi messaging, WhatsApp terus berkembang dari waktu ke waktu. Kini WhatsApp menjadi salah satu aplikasi populer dengan berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Salah satu fitur tersebut adalah fitur “Arsip Obrolan”.

Obrolan yang diarsipkan adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan pesan individu atau grup dari daftar obrolan mereka dan memindahkannya ke folder arsip.

Fitur ini membantu pengguna WhatsApp untuk mengatur tampilan daftar obrolan mereka secara lebih sistematis.

Awalnya fitur ini hanya tersedia untuk beberapa pengguna dan pengguna beta, dan akhirnya tersedia sepenuhnya untuk semua pengguna WhatsApp.

Mengarsipkan pesan berbeda dengan menghapus pesan. Pesan masih ada, tetapi tidak muncul di daftar obrolan dan tidak dapat dicadangkan. Selain itu, pesan yang diarsipkan tidak muncul sebagai suara, peringatan, dan pop-up di notifikasi.

Berdasarkan aspek ini, pengguna WhatsApp dapat menyembunyikan pesan pribadi atau grup yang tidak diinginkan. Manfaatnya adalah pengguna tidak perlu menghapus atau memblokir kontak atau meninggalkan grup.

Fitur WhatsApp ini juga bukan hal baru dan telah melalui beberapa kali pembaruan. Pesan dari ruang Pesan yang Diarsipkan tidak muncul di notifikasi, salah satu hal yang ditawarkan oleh fitur Obrolan yang Diarsipkan.

Menggunakan fitur obrolan yang diarsipkan itu sederhana. Pertama, cukup masuk ke menu chat dan pilih pesan yang ingin Anda simpan dengan menekan dan menahan pesan tersebut beberapa saat.

Setelah Anda memilih pesan, klik tombol kotak Arsipkan dengan panah bawah. Pesan kemudian langsung masuk ke folder “Archived “.

Baca juga:

Selain itu, pengguna dapat mengarsipkan semua pesan di daftar obrolan mereka tanpa harus mengetuknya satu per satu. Pengguna dapat memilih menu Pengaturan dan kemudian memilih Riwayat Obrolan sebelum menekan opsi Arsipkan Semua Obrolan.

Baca Juga  Apple Rilis IOS 163, Pengguna IPhone Jangan Lupa Update Pada Balitteknologikaret Terpercaya

Dengan fitur ini, daftar chat Anda akan lebih tertata daripada pesan yang Anda rasa “mengganggu”.

Pengguna dapat pergi ke folder arsip dan masih memeriksa pesan yang masuk. Kotak pesan bergerak ke atas dan dicetak tebal atau tebal untuk menunjukkan pesan masuk.

Pengguna WhatsApp juga dapat menghapus pesan dari folder arsip kapan saja. Caranya adalah pengguna dapat masuk ke folder arsip dan memilih pesan yang ingin dihapus dengan menekan beberapa saat.

Pengguna kemudian dapat menekan tombol persegi dengan panah atas. Setelah itu, kotak pesan yang dipilih akan langsung berpindah dan muncul kembali di daftar obrolan WhatsApp Anda.

Obrolan yang diarsipkan adalah fitur sederhana yang membantu pengguna mengatur daftar pesan yang mereka inginkan.

Ini juga menghindari kesalahan saat mengirim pesan dan menerima pesan yang tidak diinginkan.