Unja Punya Prodi Baru, Ini Jadwal Pendaftarannya

Salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Pulau Sumatera, Universitas Jambi (Unja) punya program studi (Prodi) baru yakni Prodi Kewirausahaan.

Adapun prodi tersebut ialah Prodi Sarjana Terapan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pada tahun akademik 2022/2023 ini, Program Studi Kewirausahaan FEB Unja akan menerima mahasiswa sebanyak 30 mahasiswa.

Program Studi Kewirausahaan merupakan Prodi yang akan menghasilkan lulusan yang mampu memahami dan menerapkan ilmu kewirausahaan dengan etika bisnis yang baik, dengan kompetensi agropreneurship, sociopreneurship, dan islamicpreneurship.

Diharapkan, lulusan Program Studi Kewirausahaan dapat berperan dalam bidang agropreneur, sociopreneur, enterpreneur consultant, islamic preneur, dan wirausaha mandiri.

Dinyatakan memenuhi persyaratan

Menurut Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unja, Dr. H. Junaidi, S.E., M.Si., proses pendirian Prodi Kewirausahaan telah melalui beberapa tahap. Mulai dari pengajuan proposal/usulan program studi oleh FEB Unja.

“Usai dievaluasi, usulan kita dinyatakan telah memenuhi persyaratan dan mendapatkan rekomendasi dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X di Padang,” ujarnya dikutip dari laman Unja, Selasa (12/7/2022).

“Usulan tersebut juga dinyatakan memenuhi persyaratan dan direkomendasikan oleh Direktorat Kelembagaan Diktiristek. Pada tahap akhir, usulan kita diterima/disetujui oleh lembaga akreditasi,” jelasnya.

Sedang melalui persetujuan Direktorat Kelembagaan Diktiristek dan LLDikti tersebut, mulai tahun akademik 2022/2023 ini Unja sudah mulai menerima mahasiswa baru.

Dr. Junaidi juga menjelaskan, melalui kompetensi Prodi Kewirausahaan FEB Unja, diharapkan lulusan Unja akan berkarir sebagai wirausaha mandiri, konsultan wirausaha, dan akademisi.

Selain itu, melalui kompetensi ini lulusan Unja juga dapat berkarir di pemerintahan (eksekutif) maupun sebagai legislatif yang memiliki kemampuan merumuskan berbagai kebijakan dalam pengembangan kewirausahaan di Indonesia.

“Pada kesempatan ini, kami menghimbau lulusan SMU/SMA untuk meningkatkan kompetensi kewirausahaannya dengan melanjutkan pendidikan di Prodi Kewirausahaan FEB Unja ini,” tandasnya.

Harapannya, melalui kompetensi ini lulusan sebagai generasi penerus bangsa dapat menjadi penggerak percepatan pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Jadwal pendaftaran

Bagi yang tertarik, ini informasi pendaftaran online:

1. Pendaftaran dibuka pada 1–25 Juli 2022

2. Ujian akan dilaksanakan 28 Juli 2022

3. Untuk hasil ujian akan diumumkan pada 30 Juli 2022

Bagi mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, dapat melakukan registrasi dan pembayaran UKT dimulai pada 1–5 Agustus 2022, dengan besaran biaya registrasi Rp 250.000 serta uang pangkal Rp 2.000.000.