5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Laptop Baru

Tips membeli laptop baru

Bagi para pekerja kantoran dan pelajar, laptop sudah menjadi kebutuhan pokok terutama di era WFH saat ini. Laptop telah menjadi perangkat berfitur lengkap untuk bekerja, belajar, dan hiburan.

Sejauh ini, ada banyak laptop di pasaran. Harga dan model juga bervariasi. Jika Anda ingin membeli laptop baru untuk WFH, berikut 5 tips membeli laptop baru.

1. Ukuran laptop

Pertimbangkan ukuran laptop baru yang Anda beli. Tentunya ukuran layar yang Anda pilih akan mempengaruhi ukuran laptop Anda.

Sebaliknya, pilihlah laptop yang paling cocok untuk Anda. Jika Anda menginginkan portabilitas yang tinggi, pilihlah laptop dengan ukuran yang ringkas. Dengan itu, Anda dapat bergerak dan bergerak dengan mudah karena ukurannya yang kecil.

Laptop Notebook biasanya memiliki layar mulai dari 12,5 inci hingga 13,3 inci. Laptop jenis ini memiliki berat antara 1kg dan 1,5kg. Tapi sangat jarang laptop sebesar ini memiliki spesifikasi yang sangat cepat. Anda tidak akan menemukan laptop Intel Core i7 pada mesin sekecil ini.

Jika Anda membutuhkan laptop berperforma tinggi, baik untuk desain atau gaming, suka atau tidak, sebaiknya pilih laptop dengan ukuran lebih besar. Pasalnya, dibutuhkan bodi yang tebal untuk menyimpan material yang kuat.

Biasanya, laptop jenis ini memiliki ukuran layar mulai dari 14 inci hingga 17,3 inci. Berat hingga 2kg.

2. Spesifikasi Internal

Ini adalah salah satu faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli laptop baru. Setidaknya ada empat hal yang perlu diperhatikan: jenis prosesor, RAM, VGA, dan kapasitas media penyimpanan.

Ada dua vendor prosesor yang paling kami andalkan saat ini: Intel dan AMD. Selain itu, keduanya memiliki jenis produk prosesor yang berbeda mulai dari harga jutaan hingga puluhan juta rupiah.

Misalnya, laptop yang banyak digunakan untuk menulis dan menjelajah harus baik-baik saja dengan Intel Core i3. Pengeditan video 4K membutuhkan prosesor Intel Core i7.

Baca Juga  Anda Mungkin Dihukum Dengan Bantuan Peretas Saat Bermain Free Fire

RAM juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja laptop Anda. Semakin tinggi RAM, semakin baik kinerja laptop untuk kebutuhan multitasking. Saat ini, Windows 10 membutuhkan setidaknya 8 GB RAM.

Kebanyakan laptop tidak dilengkapi dengan VGA tambahan. Faktanya, sebagian besar prosesor dilengkapi dengan chip grafis yang sangat bagus. Namun, jika Anda berencana untuk banyak bermain, sebaiknya pilih laptop dengan tambahan hardware VGA karena lebih bertenaga.

Terakhir namun tidak kalah pentingnya adalah kapasitas media penyimpanan. Tentu saja, semakin besar media penyimpanan, semakin banyak file yang dapat Anda simpan. Namun, jika Anda membeli penyimpanan eksternal, kinerjanya mungkin lebih baik daripada laptop dengan kapasitas penyimpanan yang lebih kecil.

Semakin tinggi spek yang Anda pilih, semakin pasti akan mempengaruhi harga. Jadi, pastikan anggaran Anda tepat!

3. Desain Laptop

Kemajuan teknologi memunculkan sejumlah inovasi pada notebook, terutama dalam hal desain. Jika dulu banyak laptop tebal, sekarang bisa ditemukan laptop yang sangat tipis. Dulu, layar dan keyboard digabungkan, tetapi sekarang ada model 2-in-1 yang dapat memisahkan atau melipat layar dan keyboard hingga 360 derajat.

Bahkan, desain futuristik menggairahkan pemirsa. Namun yang benar-benar perlu diperhatikan adalah ketahanan engsel khususnya. Apakah desainnya kokoh dan tahan lama?

Selanjutnya, periksa jenis monitor yang Anda gunakan, resolusinya, dan sudut pandang layar Anda.

Misalnya, jika Anda membutuhkan laptop untuk pekerjaan grafis, Anda dapat memilih laptop dengan panel layar IPS (In-Plane Switching) dengan kejelasan tinggi, kesetiaan warna, dan sudut pandang lebar. Satu fakta yang tak terbantahkan adalah laptop mahal pasti memiliki kualitas layar yang lebih baik.

Baca juga:

4. Daya tahan baterai

Poin ketiga ini menjadi salah satu pertimbangan penting saat membeli laptop baru. Daya tahan baterai rata-rata laptop yang dijual adalah sekitar 6-8 jam.

Harus diakui bahwa daya tahan baterai agak sulit diukur karena tergantung pada penggunaan laptop, aplikasi yang dijalankan, dan jenis prosesor yang digunakan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membaca berbagai review laptop yang ingin Anda beli.

Baca Juga  Fintech Indonesia, Bata, Raih Pembiayaan Rp 122 Miliar, Targetkan Pasar Asia Tenggara

Juga, rawat baterai laptop Anda sebaik mungkin untuk memastikannya masih berfungsi dengan baik. Misalnya tidak mengisi daya terus menerus, menunggu baterai habis daya, hingga 0%, hanya mengisi daya, atau mengisi daya laptop yang dimatikan.

Baca Juga: Laptop Asus Terbaik yang Bisa Kamu Beli di Tahun 2019

5. Koneksi lengkap

Di zaman sekarang ini, kebutuhan akan WiFi sudah pasti menjadi prioritas. Jadi, lebih baik mencari laptop dengan konektivitas penuh. Pilih laptop yang tidak hanya memiliki WiFi, tetapi setidaknya memiliki 3 port USB. Kehadiran port lain yang didukung seperti LAN dan HDMI/VGA juga tidak terlalu penting.

Namun, ketika desain laptop menjadi semakin tipis, beberapa komunikasi yang awalnya penting mulai perlahan menghilang. Banyak produsen mulai membuat model ultra-tipis dengan port yang lebih kecil, tetapi mereka menggunakan port USB Type-C yang mendukung kecepatan pertukaran data hingga 40 Gbps (jika mendukung Thunderbolt 3). Sebagai solusinya, Anda masih bisa menggunakan dongle sebagai ekstensi port yang langka.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Lenovo ThinkPad X395 dan Laptop Bisnis AMD Pro

Selain lima yang disebutkan di atas, anggaran Anda adalah yang terpenting, karena Anda harus memperhatikan garansi, fitur dukungan tambahan, dan keamanan.

Bagaimana jika budget Anda saat ini masih belum cukup untuk membeli laptop baru? Jangan khawatir. Anda dapat mengajukan pembiayaan baru untuk laptop Anda melalui PT Bussan Auto Finance (BAF).

Yuk simak 4 alasan kenapa kamu butuh #CicilAjadiBAF, di antaranya:

Proses cepat, apply lewat BAF Mobile!

Anda tidak perlu menunggu uang Anda ditagih terlebih dahulu untuk membeli barang-barang impian Anda. Cukup ajukan pendanaan ke BAF dan produk impian Anda akan menjadi kenyataan.

Proses persetujuan pendanaan segera dilakukan. BAF akan menghubungi Anda untuk mengkonfirmasi aplikasi pendanaan online Anda dalam waktu 2 x 24 hari kerja.

Baca Juga  TV Android Yang Terjangkau Dapat Menonton Siaran TV Digital

Oh ya, Anda bisa dengan mudah mengajukan dana BAF melalui website www.baf.id atau BAF mobile app yang bisa diunduh dari Google Play Store (Android) atau App Store (iOS). Di aplikasi seluler BAF Anda akan menemukan informasi tentang nomor kontrak, angsuran, denda, simulasi keuangan, informasi produk dan promosi terbaru, pembayaran online melalui mitra e-commerce, dan unduh dokumen kontrak keuangan. YA! Cukup lengkap bukan? Instal aplikasi seluler BAF secara instan melalui tautan berikut: bit.ly/BAFMobile-Playstore dan App Store untuk Android atau bit.ly/BAFMobile-Appstore untuk iOS.

Penawaran produk keuangan lengkap dan pendaftaran OJK

Tidak perlu ragu dengan #CicilAjadiBAF karena BAF sudah terdaftar di Badan Pengawasan Keuangan (OJK) sehingga semua transaksi aman. Selain laptop, BAF juga dapat mengajukan pembiayaan Dana Syariah BAF untuk sepeda motor baru Yamaha, sepeda motor bekas berkualitas tinggi, mobil baru, elektronik, peralatan, furnitur, mesin pertanian.

Tersedia di seluruh Indonesia

Dengan jaringan kantor BAF yang tersebar di seluruh Indonesia, Anda tidak perlu repot lagi bepergian ke lokasi lain untuk menggunakan #CicilAjadiBAF. Bukankah itu hebat?

Pembayaran cicilan melalui Bukalapak

Anda malas keluar rumah? Kamu bisa mencicil dari BAF melalui Bukalapak!

Tidak perlu berdiri dalam antrean panjang dan itu pasti akan menghemat waktu Anda. Cukup buka website atau aplikasi Bukalapak dan masukkan nomor rekening Anda (nomor kontrak) untuk memilih pembayaran cicilan BAF.

Beli laptop impianmu dengan #CicilAjadiBAF dan bayar premimu di Bukalapak! Penawaran Ceria Desember BAF menawarkan pembiayaan laptop dengan uang muka mulai dari Rs 99.000 dan suku bunga rendah mulai dari 1,99%.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pengajuan pendanaan laptop dari BAF, kunjungi www.baf.id/promo/Bunga-Ringan.

BAF, proses cicilan akurat dan cepat!

PT Busan Auto Finance terdaftar dan diawasi oleh Financial Supervisory Service.

#BAF Indonesia #CicilAjadiBAF #BAFxBukalapak

(Penulis: Cynthia Astarina)