Instagram Mencoba Fitur IG Candid Challenges Yang Mirip Dengan Media Sosial BeReal

– Instagram sedang menguji fitur baru bernama ‘IG Candid Challenges’. Informasi tentang cara mencoba fitur ini awalnya ditemukan oleh Alessandro Palozzi, seorang reverse engineer yang sering membocorkan fitur baru ke media sosial populer seperti Instagram.

@alex193a Gunakan pegangan untuk membagikan temuannya di Twitter. Dalam cuitan tersebut, Paluzzi mengunggah tangkapan layar notifikasi fitur IG Candid. Spanduk notifikasi juga menguraikan fitur IG Candid Challenges, yang “menantang” pengguna untuk membagikan foto langsung secara acak setiap hari.

Jadi pengguna nantinya akan diberitahu untuk mengambil gambar objek acak setiap dua menit dan mengunggahnya ke story Instagram mereka.

“Tambahkan IG Candid lain ke story Anda. Dapatkan notifikasi di waktu yang berbeda setiap hari untuk mengambil foto dan membagikannya dalam 2 menit, “jelas Instagram tentang cara kerja fitur IG Candid.

#Instagram sedang mengerjakan IG Candid Challenges, fitur yang terinspirasi oleh @BeReal_App????

?? Tambahkan IG Candid lain ke kaleng cerita Anda. Dan dapatkan pemberitahuan pada waktu yang berbeda setiap hari untuk mengambil gambar dan membagikannya dalam 2 menit. pic.twitter.com/caTCgUPtEV

Belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan ke aplikasi Instagram. Dalam pernyataan Meta, orang tua Instagram mengonfirmasi bahwa mereka sedang mencoba fitur tersebut.

Namun, Meta mengklaim bahwa fitur IG Candid Challenges baru diuji secara internal oleh perusahaan. Jadi belum jelas kapan pengguna Instagram akan mencoba IG Candid.

Juru Bicara Meta Christine Bay, Kamis (25/8/2022) mengutip KompasTekno dari Verge: “Fitur ini merupakan prototipe internal, bukan pengujian eksternal.

Mencuri Fitur Media Sosial BeReal?

Sayangnya, fitur tersebut diketahui telah dicuri dari aplikasi media sosial Prancis BeReal. BeReal sedang booming karena menggunakan kamera depan dan belakang ponsel untuk membuat konten.

Baca Juga  7 Bisnis Sampingan Tanpa Modal yang Menguntungkan versi Temu.co.id

Paluzzi menyebutkan dalam tweetnya bahwa fitur IG Candid terinspirasi oleh BeReal.

BeReal sendiri memiliki fitur yang sama persis dengan informasi Panduan Pengguna IG Candid, mengajak pengguna untuk mengunggah konten secara acak dalam waktu 2 menit setiap harinya. Anda dapat mengambil gambar dari kamera depan dan belakang secara bersamaan.

Tidak hanya kali ini, Instagram juga dituding mencuri BeReal melalui sebuah fungsi bernama Dual. Fungsi ganda memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video dari kamera depan dan belakang secara bersamaan. Diduga konsepnya identik dan fungsi ini merupakan tiruan dari BeReal.

Namun, fitur Ganda telah dikembangkan selama beberapa tahun, menurut mantan desainer produk Instagram. Peluncuran fitur ini hanya berbarengan dengan aplikasi BeReal yang sedang viral.

Selain BeReal, beberapa fitur Instagram disebut-sebut bisa meniru aplikasi media sosial pesaing. Ia menyebut Instagram Stories meniru Snapchat Stories, Instagram Reels meniru konsep TikTok.

Namun, praktik ini juga dipraktikkan oleh perusahaan teknologi lain untuk memberi pengguna pengalaman yang mereka sukai. Misalnya, video pendek Youtube diajukan untuk bersaing memperebutkan popularitas Clubhouse dengan menghadirkan pengalaman video pendek seperti TikTok ke Twitter Space.

Baca Juga: