Konversikan Ke Bank BTN Resmi Eropa

Jakarta PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) dinobatkan sebagai Bank Remittance Terbaik Asia 2022 pada Euromoney Awards 2022 for Excellence.

Bank BTN telah mengalami perubahan yang baik pada acara yang diselenggarakan oleh majalah ekonomi terkemuka Eropa Euromoney dan berkonsentrasi untuk mengembangkan bisnisnya berdasarkan sistem perumahan.

Bank yang berfokus pada perumahan di Indonesia, Bank BTN, memegang KPR setara dengan 89% dari portofolio pinjamannya dan bertindak sebagai akselerator untuk Program Sejuta Rumah pemerintah, solusi untuk 11,4 juta saldo rumah nasional, diluncurkan pada tahun 2015. rumah.

Menurut Euromoney, BTN memiliki posisi yang baik untuk menjadi mitra pemerintah dalam mengendalikan keseimbangan perumahan, tetapi peran ini terhambat oleh Covid-19. solvabilitas angsuran. Hal ini, bersama dengan biaya dana yang tinggi, mempengaruhi tingkat pinjaman yang buruk dan likuiditas yang ketat.

Euromoney mengapresiasi Bank BTN yang telah meluncurkan program inovasi dengan visi menjadi bank KPR terkemuka di Asia Tenggara pada tahun 2025.

Untuk mencapai statusnya, Bank BTN setidaknya melakukan lima tugas: penyesuaian harga dana pihak ketiga melalui redistribusi dana, lebih fokus pada dana murah, dan pengembangan produk tabungan baru.

Kemudian kembangkan pinjaman ke Millennium Trench untuk mengembangkan bisnis di sepanjang rantai pasokan perumahan, membangun sistem hipotek digital, dan membangun operasi terpusat dan konsolidasi modal.

Euromoney telah mengkonfirmasi bahwa banyak langkah konversi yang dilakukan oleh Bank BTN, termasuk produk Tabungan BTN Investa dan Tabungan BTN Bisnis yang baru diluncurkan, telah membuahkan hasil, yang dapat membantu mengurangi biaya pendanaan mereka yang sangat besar.

Selain itu, model operasi cabang Euromoney telah bergeser ke peningkatan simpanan dan fokus pada orang kaya yang baru muncul, yang telah terbukti meningkatkan rekening giro dan tabungan. ) 21,5% di seluruh dunia – per tahun.

Baca Juga  Komitmen Rildo Ananda Anwar Terus Membenahi Pelti Hingga Akhir Masa Jabatannya

Euromoney menambahkan, BTN terus membangun kemitraan strategis dengan berbagai institusi/instansi atau perusahaan lain dalam rantai bisnis real estate dan menjangkau segmen milenium. Digitalisasi juga tumbuh pesat pada tahun 2021, dengan akuisisi seluler meningkat 55% (y/y) dan volume tumbuh 73% (y/y).

“Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi upaya Bank BTN yang dipimpin oleh Ketua Haru Kuzmahargio layak mendapat pengakuan tahun ini,” jelas editor Euromoney dalam ulasan Transformasi Bank Asia’s Best 2022, Minggu (17/7). ). /2022). .

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengatakan dalam kasus audit eksternal melihat Euromoney sebagai salah satu persetujuan untuk didorong oleh Bank BTN sebagai mitra pemerintah dalam perampingan perumahan. akumulasi.

Haru menilai penghargaan tersebut tidak akan terwujud tanpa kerja keras seluruh jajaran Bank BTN dan dukungan pemerintah serta pemangku kepentingan lainnya.

Dia menyimpulkan: “Apa yang telah kami lakukan selama beberapa tahun terakhir berada di jalur yang benar dalam misi kami untuk menjadi bankir hipotek terbaik, terus berinovasi dan beradaptasi dengan dinamika perbankan dan real estat untuk melayani komunitas kami dengan lebih baik.” .