Pencegahan Pneumonia, Vaksin PCV Gratis Untuk Seluruh Anak Indonesia Mulai Tahun Ini

Mulai tahun ini, seluruh anak Indonesia tanpa terkecuali akan mendapat manfaat dari perlindungan vaksin PCV.

Vaksinasi konjugasi pneumokokus (PCV) dapat melindungi anak-anak dari pneumonia, penyakit menular dan penyebab utama kematian pada anak-anak di dunia.

Di banyak negara, vaksinasi terhadap vaksin hepatitis C merupakan bagian dari program vaksinasi rutin.

Kementerian Kesehatan telah melaksanakan vaksinasi hepatitis C secara nasional.

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadkin, dalam keterangan tertulis, Selasa (13/9-2022) mengatakan, “mulai tahun 2022, negara akan mulai memvaksinasi virus hepatitis.”

Di kediamannya di Jakarta (9 Desember 2022) di Puskesmas Thalang Jambi Palembang, dikeluarkan Deklarasi Imunisasi Vaksin PCV Nasional.

Ia mengatakan, pemberian vaksin PCV sangat penting bagi anak-anak Indonesia. Ini karena pneumonia adalah penyakit yang sangat menular dan fatal bagi bayi dan anak kecil di seluruh dunia.

Di Indonesia, pneumonia menyebabkan sekitar 14,5% kematian bayi dan 5% kematian pada anak di bawah usia 5 tahun setiap tahunnya.

Pemberian vaksin hepatitis virus diharapkan dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat pneumonia serta mencegah stunting pada anak.

Hal ini karena pneumonia tidak hanya menyebabkan radang paru-paru, tetapi juga mengganggu nutrisi pasien.

Infeksi ini mengganggu kesehatan gizi banyak anak kecil, yang mengarah ke dwarfisme. Selain menurunkan angka kematian bayi, juga menurunkan angka kematian balita. Vaksinasi virus hepatitis diharapkan dapat mengurangi stunting.”

Perwakilan WHO Indonesia Dr. kata N Organisasi Kesehatan Dunia Paranitharan siap mendukung aksi Indonesia untuk memberikan jaminan keamanan kepada seluruh anak Indonesia dari penyakit serius, termasuk pneumonia, dengan memberikan vaksinasi hepatitis C.

Perwakilan UNICEF Indonesia, Maniza Zaman, menyatakan mendukung penuh rencana Indonesia untuk memvaksinasi PCV sebagai vaksinasi rutin menurut WHO. Ia menambahkan, perluasan cakupan vaksin hepatitis C merupakan awal yang baik dalam melindungi anak-anak dari risiko pneumonia.

Baca Juga  Kubu Suharso Munwarba Yang Menentangnya Menggelar Rapat Untuk Memberhentikan Mardiono Sebagai Penjabat Presiden PPP.

“Perluasan vaksinasi PCV secara nasional merupakan langkah penyelamatan jiwa yang sangat penting bagi anak-anak Indonesia,” kata Manisa Zaman, perwakilan UNICEF Indonesia.

Layanan vaksinasi hepatitis B disediakan oleh Pochiando, Buskismas dan institusi medis lainnya seperti rumah sakit, klinik, wiraswasta, bidan, dan institusi medis lainnya yang menyediakan layanan vaksinasi.

Vaksin PCV diberikan dalam tiga dosis. Dosis pertama diberikan pada usia 2 bulan, dosis kedua diberikan pada usia 3 bulan, dan dosis ketiga diberikan pada usia 12 bulan. Vaksin ini diberikan secara gratis. Vaksin yang digunakan aman, direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan diuji oleh BPOM.