Top 3 Tekno: Fitur Avatar Di WhatsApp Bikin Penasaran

Meta resmi mengumumkan kehadiran fitur avatar untuk seluruh pengguna WhatsApp di dunia. Informasi ini bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno, Rabu (7/12/2022) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, yang mengungkap bagaimana seluruh instansi pemerintah harus bertransformasi digital.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno berikut ini.

1. Pengguna WhatsApp Kini Bisa Bikin Avatar untuk Foto Profil dan Stiker

Meta resmi mengumumkan kehadiran fitur avatar untuk seluruh pengguna WhatsApp. Sebelumnya, fitur avatar ini tersedia untuk layanan Meta lain, seperti Facebook dan Instagram.

Meta mengumumkan avatar yang dipersonalisasi ini dapat digunakan sebagai foto profil di WhatsApp, termasuk dikirimkan menjadi stiker. Ada 36 stiker yang bisa dipilih dengan desain avatar ini.

“Kami menghadirkan Avatar di WhatsApp! Sekarang Anda bisa menggunakan Avatar diri Anda sebagai stiker di dalam obrolan. Dan akan lebih banyak gaya akan hadir di aplikasi,” tutur CEO Meta Mark Zuckerberg dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (7/12/2022).

Menurut Meta, fitur avatar ini akan digulirkan secara bertahap untuk seluruh pengguna. Karenanya, ada kemungkinan belum semua pengguna WhatsApp bisa mengakses fitur ini sekarang.

“Bagi kebanyakan orang, ini merupakan kali pertama mereka membuat avatar dan kami akan terus memberikan penyempurnaan gaya termasuk pencahayaan, bayangan, tekstur gaya rambut, dan banyak lainnya yang akan membuat avatar makin baik ke depannya,” tulis Meta.

Sebagai informasi, fitur avatar untuk WhatsApp ini sudah diketahui kehadirannya sejak Oktober 2022. Ketika itu, fitur avatar yang dikustomisasi tersedia untuk aplikasi Android versi beta 2.22.23.9.

Mereka yang sudah memiliki akses fitur ini akan melihat kategori baru di menu Settings aplikasi WhatsApp, yakni Avatar. Dari situ, pengguna bisa membuat versi digital diri mereka sendiri.

Baca Juga  Fintech Indonesia, Bata, Raih Pembiayaan Rp 122 Miliar, Targetkan Pasar Asia Tenggara

Baca selengkapnya di sini

Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkap bagaimana seluruh instansi pemerintah harus bertransformasi digital.

“Saya baru sadar pentingnya digitalisasi dan pengembangan industri teknologi saat pandemi,” kata Luhut dalam acara Google for Indonesia di Jakarta, Rabu (7/12/2022).

Karena hal tersebut, Luhut dan seluruh pihak di pemerintahan mulai mengadopsi digitalisasi.

“Segala proses manual pemerintahan yang dikerjakan secara manual, kini bisa dilakukan lebih efisien lewat digitalisasi.”

Alhasil, terlihat dengan jelas bagaimana ekonomi digital di Indonesia berkembang dengan pesat dari sebelumnya.

Dari ekonomi internet, diketahui sudah mencapai USD 77 miliar di 2022. Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan angka ini diprediksi akan naik hingga USD 130 miliar pada 2025.

Sektor lainnya juga ikut mengalami kenaikan hingga double digit. Sektor e-commerce menjadi pemimpin dengan angka USD 59 miliar dan akan tembus USD 95 miliar pada 2025.

Meski menyambut baik transformasi digital di segala sektor, Luhut juga mengakui hal tersebut masih jauh dari sempurna dan masih ada tantangan.

Salah satu tantangan itu adalah penetrasi internet di Indonesia ketinggalan dari negara-negara, seperti Thailand, Vietnam, dan Malaysia.

“Walau ada peningkatan, saat ini baru 53,73 persen penduduk di Indonesia yang dapat menikmati internet,” ujar Luhut.

Baca selengkapnya di sini

Rangkuman momen terbesar sepanjang 2022 di TikTok telah diumumkan. Beberapa di antaranya ada video viral jerapah cokelat raksasa, permen karet musisi Rosalía, dan remix viral dari Tariq, alias “Corn Kid”.

Namun, ada satu hal yang menonjol, di mana jumlah views di klip teratas TikTok jauh lebih kecil ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Video dalam daftar FYF TikTok semuanya memiliki jutaan penayangan dan seharusnya mewakili konten paling viral di aplikasi.

Baca Juga  Sony Menaikkan Harga PS5 Di Wilayah Tertentu

Akan tetapi, daftar itu dikuratori, dan tidak memasukkan video lain dengan penayangan dan interaksi tinggi. Jadi, ini bukan representasi langsung dari klip berperforma terbaik di platform tahun ini.

Pun demikian, daftar video TikTok tersebut menyuguhkan beberapa data tentang apa yang berhasil di TikTok, dan selama tiga tahun terakhir, jumlah views di posisi No.1 cenderung menurun.

Di posisi teratas untuk pengguna AS tahun ini, misalnya, adalah video koki kue yang secara perlahan membangun patung jerapah besar terbuat dari cokelat, dengan musik piano lembut diputar di klip tersebut. Video itu telah dilihat lebih dari 308 juta kali.

Bandingkan dengan video di posisi teratas tahun lalu, di mana video menari yang direkam dengan drone telah ditonton 314 juta kali saat laporan tahun 2021 diterbitkan.

Kedua video itu bahkan kalah jauh jika dibandingkan dengan video teratas tahun 2020: bintang TikTok Bella Poarch yang menyinkronkan bibir “M to the B”. Pada saat itu, telah ditonton lebih dari setengah miliar kali.

Sumber: