Desainer PlayStation 5 Sedang Mengerjakan PS6, Apakah Akan Diluncurkan Pada 2027?

Banyak rumor yang beredar selama dua pekan terakhir bahwa desainer PS5 Mark Cerny akan terus memimpin pengembangan desain konsol PS6, penerus PS5.

Sebagian besar laporan ini didasarkan pada paten Cerny yang menggambarkan beberapa teknologi yang mempercepat unit ray tracing PS5. Namun, menggali informasi lebih jauh mengungkapkan bahwa paten tersebut mungkin untuk Sony PS6 dan bukan PS5.

Setidaknya menurut prokompim-subang.id rumor desain konsol PS6 ini merupakan perkiraan yang akurat. Pengguna Twitter juga memposting informasi bahwa Cerny bertanggung jawab untuk mendesain PS6.

Menurut akun Twitter @PS6Countdown “Rumor menunjukkan bahwa Mark Cerny sedang bekerja keras untuk mengembangkan masa depan merek PlayStation, seperti PS6 atau PlayStation 6. Informasi akan dibagikan di masa mendatang”. (3 Juli 2023).

Pengguna Twitter lain mengklaim telah mendengar masalah serupa dari sumber yang dapat dipercaya. Namun, hal ini tentu saja terbatas pada informasi yang mungkin masih kurang akurat.

Akun @WrryWrt73 mengatakan: “Menurut sumber yang kredibel, Cerny telah ditugaskan untuk mengembalikan pekerjaan (pengembangan) PS6 ke jalurnya. Orang Amerika pertama yang merancang sistem PS5 bersama PS5 sekarang adalah perangkat keras PS Generasi ke-3 lainnya. bertanggung jawab untukā€¦”

Menurut “Dictator” Digital Foundry, paten Cerny tidak didasarkan pada teknologi PlayStation 5. “PS5 dan AMD tidak memiliki modul ini dalam perangkat keras yang dipublikasikan, dan penemuan ini mencakup modul ray tracing seperti Intel atau Nvidia.” Untuk versi PlayStation yang lebih baru, Sony PS6 atau PS5 Pro/Slim dapat melakukan iterasi.

Menengok ke belakang, tidak mengherankan jika Cerny kemungkinan besar bertanggung jawab atas pembuatan Sony PS6, mengingat dia adalah arsitek sistem utama untuk PS4, PlayStation Vita, dan PS5.

Baca Juga  Pria Kalsel Itu Mengaku Punya Uang Rp 500 Triliun Untuk Menantang Jokowi Dan Mengalahkan Orang Terkaya RI Itu. Ini Datanya.

Itu berarti PlayStation 6 akan diluncurkan sekitar tahun 2027, dan sekitar empat tahun setelah The Last of Us 3 juga kemungkinan akan diluncurkan di konsol tersebut.

Menurut Sony, PS5 Pro kemungkinan besar akan debut pada April 2023.

Konsol ini kemungkinan besar akan hadir dengan chip yang lebih bertenaga dan sistem pendingin yang lebih efisien. Phonandroid, mengutip salah satu sumbernya, mengatakan bahwa tidak seperti laporan sebelumnya, sebutan baru untuk konsol Sony akan menjadi “Pro” daripada “Slim”.

PlayStation 5 Pro mengutamakan sistem pendingin cair seperti yang digunakan di PC gaming. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sistem baru ini dapat menggunakan prosesor AMD yang telah diupgrade. Mereka juga berpendapat bahwa pendingin cair membuat modifikasi desain yang radikal.

Penting juga bagi Sony untuk mencegah PlayStation 5 Pro melanggar standar PS5. Ini mirip dengan yang terjadi pada PlayStation 4 dan PS4 Pro. Sony dapat berharap PlayStation 5 dan PlayStation 5 Pro akan hidup berdampingan di pasar selama bertahun-tahun.

Namun, analis Insider Gaming Tom Henderson tidak percaya semua laporan tentang PS5 Pro atau Slim itu benar adanya. Dia mengklaim bahwa model PS5 baru ini hanyalah PS5 generasi kedua, bukan PS5 Pro atau Slim.

Ia juga menyebutkan PS5 generasi pertama akan dihentikan produksinya akhir tahun ini. Bahkan, ia menemukan rumor baru tentang PS6 dan PS5 Pro yang membuatnya semakin penasaran.

Henderson yakin Sony ingin memproduksi lebih sedikit model PS5 untuk menekan biaya produksi. Sebelumnya, penggunaan kata Pro pada label produk dianggap bijaksana.

Namun, karena kelangkaan sistem dan bahan ini, semakin banyak produk jadi yang tidak berarti bagi merek tersebut.

Sebelumnya, Henderson mengatakan bahwa sistem game PS5 akan menerima peningkatan signifikan pada pertengahan 2023 dan konsol game baru akan diluncurkan pada bulan September tahun yang sama. Konsol game yang dirilis saat ini dikabarkan memiliki DVD yang dapat dilepas.

Baca Juga  Industri Makanan Dan Minuman Dapat Tumbuh Sebesar 3,57% Di Tengah Ketidakpastian Global

Sebagai referensi, konsol PlayStation pertama dirilis pada tahun 1994. Sejak itu, nama merek tersebut diulang beberapa kali.

Dimulai dari PlayStation 2, Play Station 3, dan PlayStation 4, nama terbarunya adalah PlayStation 5 yang dirilis pada November 2020 lalu.

Konsol PlayStation juga dikenal dengan grafik berkualitas tinggi, pemrosesan lanjutan, dan perpustakaan game yang lebih besar. Konsol ini juga dikenal dengan fitur multipemain daringnya, yang memungkinkan pemain untuk terhubung dengan pemain lain di seluruh dunia.

Di luar konsol, PlayStation menawarkan sejumlah layanan, termasuk PlayStation Network (PSN), yang memungkinkan pemain membeli dan mengunduh game, terhubung dengan pemain lain, dan mengakses konten eksklusif.

PlayStation Now adalah layanan streaming yang memungkinkan pengguna memainkan perpustakaan game mereka sesuai permintaan.