Startup Studio Indonesia Resmi Dibuka Batch 6, Daftar 17 Startup Terpilih

Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kominfo) resmi membuka Program Akselerasi Intensif Startup Studio Indonesia (SSI) pada Kamis, 3 September 2023 (3 September 2023) yang telah memasuki tahap keenam.

Dimulai untuk mengatasi tantangan sumber daya berkualitas dan mengembangkan bisnis Anda, SSI hadir untuk mengembangkan solusi yang dibutuhkan startup.

Program ini akan membantu startup tahap awal meningkatkan produk dan model bisnis mereka, serta mengembangkan retensi pengguna untuk menemukan Product-Market Fit (PMF).

Menurut touchnottingham.com koordinator Startup Digital Kominfo Sony Hendra Sudaryana, startup yang terdaftar di angkatan 6 ini berasal dari latar belakang bisnis yang semakin beragam.

Sudaryana dari Virtual Opening Founder’s Camp Startup Studio Indonesia Batch 6 mengatakan, “Hal ini menunjukkan semakin majunya teknologi dan digitalisasi di segala bidang kehidupan serta tumbuhnya kesadaran para startup memanfaatkannya untuk kelangsungan bisnis.” katanya.

Dari ribuan startup yang terdaftar dalam kohort ini, tim Dewan Kurator memilih 17 startup untuk mengikuti program SSI dan diluncurkan bersamaan dengan Founder’s Camp selama tiga bulan ke depan.

Penilaian didasarkan pada profil pendiri, potensi ekspansi sektor dan industri, serta faktor pembeda dan lokalitas yang dimiliki masing-masing startup.

Berikut 17 startup terpilih dan terpercaya untuk memberikan pengaruh di Indonesia.

Dari 9 Maret hingga 23 Juni 2023, 17 startup terpilih akan berpartisipasi dalam serangkaian program yang berfokus pada penyediaan wawasan yang dapat ditindaklanjuti melalui pelatihan tatap muka dan pendampingan oleh para pendiri dan praktisi startup terkemuka.

Arus kas dan investasi yang menurun, serta pertumbuhan pasar yang melambat, bertanggung jawab atas fenomena musim dingin teknologi di sektor teknologi di seluruh dunia. Oleh karena itu, kehadiran program SSI menjadi semakin penting bagi perkembangan ekosistem digital Indonesia.

Baca Juga  Platform Prediksi Bola Terbaik dengan Prediksi Skor Pertandingan Langsung

Ia juga mencatat realisasi potensi ekonomi digital Indonesia pada tahun 2025 ditargetkan mencapai US$133 miliar, dan diharapkan menjadi ekonomi digital terbesar ke-9 dunia pada tahun 2030.

Oleh karena itu, kami mengadakan kembali program ini untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut. Selain itu, SSI bertujuan untuk mengembangkan produk sesuai dengan kondisi pasar lokal di Indonesia dan menciptakan startup yang unggul untuk memperluas cakupan bisnis di pasar domestik.

CEO Imajin Chandi Jaya mengatakan, “Tetap percaya pada kemampuan Anda dan semua yang Anda lalui. Saya mengimbau para pendiri startup untuk selalu peka terhadap pasar, mendengarkan dan memasukkannya ke dalam perjalanan bisnis mereka.” Penempatan 3 lulusan Investigasi Keamanan Nasional.

Langkah-langkah dalam program SSI Batch 6 meliputi Founder’s Camp, sesi pelatihan 1:1, dan hari besar sebagai penutup.

Sesi Perkemahan Pendiri bersifat offline dan merupakan serangkaian bimbingan atau curah pendapat dengan pendiri startup berpengalaman dan pemain lain di lapangan.

Kami berharap peserta awal dapat berbagi ide dan pengalaman paling realistis dalam meningkatkan bisnis startup.

Sementara itu, coaching 1:1 merupakan sesi privat, di mana setiap startup mendapat konsultasi dan supervisi eksekusi dengan founder startup berpengalaman dan pakar terkait di bidangnya.

Sebagai acara penting, Hari Guru akan diadakan untuk memberikan kesempatan memamerkan model bisnis dan prestasi mereka di depan para pemangku kepentingan di industri startup.

Oleh karena itu, diharapkan rangkaian program ini dapat memperoleh dukungan untuk menetapkan strategi bisnis jangka panjang yang efektif.