Apa Saja Ruang lingkup ebisnis?

Apa Saja Ruang lingkup ebisnis? – Semakin berkembangnya teknologi dan informasi seperti sekarang ini, bisnis pun bisa dijalankan dengan basis internet atau yang sering disebut dengan ebisnis. Lalu, apa saja ruang lingkup ebisnis tersebut?

Ebisnis merupakan segala aktivitas bisnis yang dijalankan melalui media berupa internet sebagai medium transaksi dan komunikasi. Secara sederhana, ebisnis mempunyai unsur yang sama dengan bisnis pada umumnya, hanya saja semua aktivitasnya dilakukan dengan memanfaatkan internet.

Nah, kira-kira apa saja ruang lingkup dari ebisnis ini? Cek informasi terkait dengan ruang lingkup dari ebisnis di bawah ini.

Ruang lingkup ebisnis

Untuk bisa menangkap ruang lingkup dari ebisnis ini maka bisa memakai prinsip 4W yakni What, Who, Where, dan Why. Agar lebih jelas, simak pembahasannya masing-masing prinsip berikut ini.

1.      What

Tak sedikit yang mengira ebisnis dan ecommerce adalah istilah yang sama. Secara prinsip, ebisnis jauh lebih luas dibandingkan dengan ecommerce. Bahkan secara filosofis, ecommerce adalah bagian dari ebisnis.

2.      Who

Siapa yang terlibat dalam ebisnis? Setidaknya ada 7 klasifikasi pihak yang sering dipakai dalam mengilustrasikan ebisnis yaitu agent, business, consumer, device, employee, family dan government.

3.      Where

Ebisnis dapat dilakukan dimana saja sejauh pihak yang berkepentingan mempunyai fasilitas digital atau elektronik sebagai kanal akses.

4.      Why

Peran ebisnis secara efektif tak hanya menguntungkan perusahaan karena banyak komponen biaya yang bisa dihemat, namun juga bisa memberikan kesempatan perusahaan untuk meningkatkan level pendapatannya secara langsung ataupun tak langsung.

Dengan ebisnis, perusahaan bisa melihat berbagai peluang bisnis baru yang belum pernah ditawarkan ke pasar.

Baca Juga  Ragam Kelebihan Menggunakan Jasa Agen Travel Online Dibandingkan dengan Jasa Agen Travel Biasa

Tak hanya itu, dengan menerapkan ebisnis maka perusahaan skala kecil dan menengah bisa dengan mudah bekerjasama dengan perusahaan besar untuk tawarkan produk dan jasa ke konsumen dna juga berfungsi untuk mengatur keuangan agar lebih rapih..

Selain itu, jaringan internet telah meluas penggunaannya di kalangan bisnis dan masyarakat. Sehingga bisa menghubungkan banyak orang ke dalam sebuah arena jaringan atau disebut dengan dunia maya.

Nah, itulah kira-kira apa saja ruang lingkup ebisnis yang sekarang ini banyak dilakukan. Semoga informasi tersebut bisa membantu dan bermanfaat.